GuidePedia

0

Cara Instal Windows 8  Fresh Install atau Clean Install adalah cara instal ulang Windows 8 paling bijak agar dapat menghapus sistem operasi lama yang ada sebelumnya secara keseluruhan tanpa tersisa, kemudian menggantinya dengan yang baru, dengan kata lain ini akan menghapus seluruh sistem pada satu partisi, termasuk virus kalo ada, maka sistem tersebut benar-benar bersih dari virus. Ini berlaku untuk setiap edisi termasuk basic, home, professional, enterprise, 32-bit dan 64-bit.

Persiapan Sebelum Memulai Instalasi

Prosedur umum persyaratan instalasi Windows 8:
  • Perhatikan spesifikasi hardware minimum untuk install windows.
  • Ketahui tipe processor 32-bit atau 64-bit.
  • Wajib siapkan driver windows yang dibutuhkan untuk memaksimalkan kinerja sistem windows.
  • Siapkan aplikasi atau program untuk komputer atau laptop yang paling penting dan sering digunakan, karena setelah windows aslinya hanya menyediakan program atau software yang terbatas. atau bisa download kumpulan software gratis disini.
Catatan:
Pada saat memulai instalasi maka akan perlu “boot” pertama dari drive “CD/DVD” jika menggunakan kepingan “CD/DVD Windows 8 Installer” atau dari perangkat USB jika menggunakan Flashdisk. Bagi yang ingin mencoba instalasi menggunakan Flashdisk bisa dilihat disini instal windows 8 dari flashdisk.

Cara Menginstal Windows 8

Untuk menginstal Windows 8 atau 8.1 di PC, komputer, laptop Nyalakan komputer atau laptop
  1. da Menu “BIOS” cari “Boot”. Pastikan Boot pertama pada DVD, jika menggunakan DVD, atau Boot pertama pada Flashdisk, jika menggunakan Flashdisk. Khusus untuk install windows 8 dengan Flashdisk, masukan terlebih dahulu Flashdisk sebelum komputer dinyalakan, agar terdeteksi.
  2. ooting laptop atau komputerCara mengaturnya terdapat pada Menu “BIOS” dan untuk masuk “BIOS” ini tekan terus-menerus “Del” dengan cepat SAAT Komputer/Laptop dinyalakan, sedangkan pada merk lain tekan tombol “F1/F2/F9/F10”. Pada sebagian merk laptop mungkin juga sambil menekan tombol “fn” bersamaan dengan “F1/F2” dst, agar tombol tersebut berfungsi.
  3. Setelah Pengaturan Boot sudah benar, simpan “save” dan “restart”, kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini, tekan “ENTER” untuk memulai proses instalasi.
    press any key to boot
  4. Pilihan Bahasa dan Persetujuan, pilih bahasa “English”, kemudian klik “Next”.
    language settings
  5. Konfirmasi instalasi. Klik “Install now” untuk memulai Proses.
    click now
  6. Masukan “Product Key”, biasanya kode ini ada pada bungkus DVD ketika saat membeli atau tanyakan ketika saat membeli.
    product key
  7. Konfirmasi Persetujuan. Klik kotak kecil sebelah kiri bawah sebagai tanda persetujuan “I Accept the license terms”.
    license terms
  8. Pilih “Custom Advanced”. Ini dilakukan agar instalasi benar-benar baru atau “fresh” dari awal dan terbebas dari virus.
    advanced
  9. Pengaturan Partisi dilakukan untuk pemilihan windows 8 pada partisi tertentu sesuai keinginan. Partisi sistem windows sebelumnya dapat di hapus atau “delete” dan diganti dengan partisi yang baru. Pengaturan Partisi dapat dilakukan ketika kursor di atur pada partisi tertentu untuk di atur, kemudian tombol pengaturan lengkap akan tersedia.
    setup partition win 8

    “New” untuk Membuat Partisi Baru.
    “Delete” untuk Menghapus Partisi.
    “Format” untuk Format Partisi.
    Catatan: Lihat di Video untuk lebih jelasnya yang telah disediakan di atas.
    Harap diperhatikan, Pastikan Partisi yang berisi data penting tidak dihapus, ini langkah yang sangat penting dan harus hati-hati, dan jika tidak yakin simpan dulu data penting pada Flashdisk atau tempat lain yang aman.Aturlah kursor pada partisi yang diinginkan untuk di install windows 8 yang baru, kemudian klik next seperti gambar di atas untuk melanjutkan proses instalasi.
  10. Memulai instalasi Windows 8.
    installing windows 8

    Pada tahap ini akan berlangsung secara otomatis, kemudian akan restart pula secara otomatis selama beberapa kali dan biarkan saja jangan klik apapun sampai bertemu dengan gambar langkah selanjutnya.

    Catatan: Jika pada proses ini terdapat “error” (getting files ready for installation), itu berarti memori kurang bagus, bisa di coba ulang kembali prosesnya atau ganti memorinya.
  11. Pilih Personalisasi atau “Personilize Windows 8”, dapat dipilih bebas warna dasar untuk tampilan windows dan memberi nama komputer.
    personalize win 8
  12. Atur Konfigurasi atau “Setting”. Pengaturan ini bisa dipilih “Express setting” supaya lebih cepat.
    express settings win 8
  13. Membuat Akun atau “Account” yang baru, pilih saja “create a local account”.
    account
  14. Membuat Nama untuk pengguna atau “User”.
    user
  15. Tunggu proses penyiapan aplikasi atau “Application”, secara Otomatis akan menyiapkan segala aplikasi yang termasuk dalam paket.
    application

    Tampilan windows 8 setelah melalui berbagai proses instalasi.

    start screen
    Berikut ini tampilan desktop windows 8, 8.1. Layar ini muncul dengan memilih tampilan desktop pada start screen seperti gambar di atas, pada pojok kiri bawah atau dengan menekan tombol windows+D.
    desktop
  16. Selesai. Selamat Proses instalasi windows 8 telah berhasil.

Posting Komentar

 
Top